Video Cara Menanam Tomat Rainbow Pelangi Yang Baik dan Benar Dirumah

shares

Video Cara Menanam Tomat Rainbow Atau Yang Sering Dibilang Tomat Pelangi Yang Baik dan Benar Dirumah ini Akan Membantu anda Dalam Membuat Hiasan Yang Bermanfaat. Ya Rainbow Tomato Merupakan Salah Satu Tanaman Sayuran Yang mampu Memberikan Banyak Khasiat bagi kesehatan namun Juga Memiliki Manfaat Hiasan karena Warna Warninya Yang sangat Indah layaknya sebuah Pelangi. Nah Agar Lebih Jelas tentang Bagaimana Cara Berbudidata tomat Pelangi ini Silakan Ikuti Panduanya Dibawah ini Bersama KebunMu.Com

Panduan Cara Menanam Tomat Rainbow Pelangi Yang Baik dan Benar Dirumah

1. Proses Penyemaian Bibit Atau Benih Rainbow Tomato

* Sebelum Kita mempersiapkan penyemaian,Maka Sebaiknya benih tomato rainbow ini direndam sebentar Dengan Menggunakan Air.
* Jangan Lupa Untuk Mempersiapkan polybag Kecil Dengan ukuran 6×7 ( ini Merupakan ukuran polybag terkecil ) JIka anda Tidak Ingin Membeli Polibag Maka anda bisa menggunakan Botol aqua gelas bekas Yang Sudah dipotong setengah dan diberi lubang-lubang Kecil Dibagian dasarnya.
* Jangan Lupa Untuk Menyiapkan tanah humus kompos Manual atau bisa Juga Gunakan tanah humus kemasan yang banyak beredar di pasaran.
* Silakan Polibag Atau Gelas Akua diisi Dengan Tanah Humus Tersebut.Yang perlu Saya ingatkan Tanahnya Jangan Terlalu Penuh. Cukup ¾ dr polybag/aqua gelas bekas.
* Buatlah lubang dengan kedalaman sekitar 1 cm Menggunakan Tangan Atau Kayu Kecil , lalu masukan benih/bibit Tomat Pelangi Yang Sudah Direndam, Jangan Lupa menutup kembali Dengan Tanah. 
* Letakan polybag diarea Yang cukup teduh.

2. Proses Penyiraman Bibit

Untuk Kapan Masa penyiraman bibit tomat ini Maka Sebaiknya anda Memberi Siraman Bibit ini Sebanyak 2x sehari dengan Cara Menyemprotkan menggunakan spray. Ingat Ya Sebaiknya penyiraman dilakukan pada pagi dan sore hari. Jangan Pernah Menyiramnya Pada siang hari Saat Matahari Terik. Umumnya Masa tumbuh bibit Tomat Sampai menjadi tunas/pohon kecil Sekitar minimal 30–35 hari. Jadi Selamat Menunggu Dan Menikmatinya

3. Proses Pemindahan Bibit Rainbow Tomato


Video Cara Menanam Tomat Rainbow Pelangi Yang Baik dan Benar Dirumah
Untuk Proses pemindahan dari tunas Bibit ke media polybag/pot yang lebih besar, harus diingat yaitu pemindahan ini harus menunggu tunas berusia lebih dari 35 hari. Tujuannya agar bibit kuat dan kemungkinan bibit tumbuhnya lebih besar. Transplanting lebih baik dilakukan pada sore hari karena suhu rendah atau tidak terlau panas sehingga bibit tidak layu karena respirasi yang tinggi. Setelah bibit tanaman dan media tanam siap, pindahkan bibit tanaman tomat dari tempat persemaian kedalam polybag/ pot ukuran besar yaitu diatas 30 cm. Lakukan pemindahan bibit dengan hati-hati, jangan sampai terjadi kerusakan pada perakaran tanaman. Lepas polybag kecil lalu masukan seluruh tanah dan tunas paprika ke dalam lubang tanam. Untuk media tanah bisa memakai tanah humus siap pakai yang beredar di pasaran. Karena tanah humus tersebut sudah mengandung semua bahan yang dibutuhkan yaitu tanah, pupuk kandang dan sekam. Berikan pemupukan tambahan menggunakan pupuk cair organik, yaitu semprotkan pupuk organik cair pada masa pertumbuhan daun dan pertumbuhan buah. Untuk tambahan agar masa panen bisa maksimal, tambahkan satu kepal kompos atau pupuk kandang kambing pada saat tanaman usia 2-3 minggu setiap minggu. Penyiraman dilakukan rutin pada pagi dan sore hari. Bunga muncul setelah tanaman berusia 2,5 hingga 3 bulan. Buah Tomat siap dipanen dan dipetik setelah usia 70-100 minggu dari masa tanam.

Related Posts